KABUPATEN BANYUASIN, Nak Lebaran BLT Belum Juga Dibagikan Kepala Desa Entah Dimana, Camat dan Dinas PMD Tutup Mata

Foto Ilustrasi Forum Ibu-ibu Dusun 1 Desa Tebing Abang Kec Rantau Bayur Banyuasin Sumatera Selatan

TRIBUNUSBANYUASIN.COM | BANYUASIN - Terkait masa pendemik COVID-19 yang saat ini mewabah khususnya di daerah Sumatera Selatan di dalam hal ini Kabupaten Banyuasin pemerintah pusat tekankan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk sesegera mungkin melakukan pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini.


Sementara di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, yang terjadi bertolak belakang dengan amanat Pemerintah Pusat lihat saja Kabupaten Banyuasin khususnya Kecamatan Rantau Bayur tepatnya di Desa Tebing Abang.


Gabungan ibu-ibu atau emak-emak Dusun 1 Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur menunggu, dan sudah resah bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) belum juga dibagi-bagikan oleh Kepala Desa, Desa Tebing Abang Zainal Arifin mana lagi sebentar lagi hari raya idul Fitri.


Ketika di cari tau Kepala Desa bersangkutan tidak ada di tempat kediamannya menurut informasi beliau hari-hari di Kota Palembang walau pun pulang ke desa palingan ada urusan yang penting saja jelas salah satu dari ibu-ibu tersebut. Selasa, (11/05/2021).


Baca juga berita di bawa ini:


Dari pengakuan forum ibu-ibu awak media lewat WhatsApp mempertanyakan masalah tersebut pada Bapak Camat Rantau Bayur, Pak Camat seharusnya BLT untuk warga masyarakat desa tebing abang di BLT tahun 2020 dua bulan yang tidak dibagikan pada masyarakat, masuk tahun 2021 terhitung 4 bulan yang sampai saat ini belum diterima warga desa tebing abang jadi yang harus dibayarkan ini sebanyak 6 bulan Pak Camat mohon untuk di bantu gimana ini.


Ketika di konfirmasi pada Kepala Dinas PMD Kabupaten Banyuasin Sdr Roni Utama menjelaskan, Bukankah BLT untuk pembagian ini untuk 4 bulan ini Kak jawab Roni, BLT januari-mei, setelah laporan penyaluran baru bisa ambil lagi untuk bulan berikutnya, baru bisa tersalur 2 bulan, nah izin informasinya Kak ngapo informasinya untuk BLT desa tebing abang kecamatan rantau bayur hanya 1 bulan Kak tanya media.


Awak media, Intinya Kak warga sekarang ini itu sudah gerah nian dengan jadwal pembagian BLT ini yang semaunya cak ini seakan-akan tidak ada pemantauan dari dinas PMD Kabupaten Banyuasin terkesan PMD membuka ruang untuk kepala desa melakukan penyimpangan DD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa: Coba tanya ke KPPN SEKAYU KABUPATEN MUBA ngapa dicicil BLT Nya.? (Ada apa ini) kenapa harus tanya KPPN Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, sementara kita ini Kabupaten Banyuasin.


Kami sudah pernah minta untuk di transfer 5 bulan tapi tidak bisa, terkesan Dinas PMD membuka ruang kepala desa untuk lakukan penyimpangan Kepala Dinas PMD Kab, Banyuasin menambahkan, pengawasan ada di Inspektorat dan Camat DPMD hanya pembinaan jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuasin.

Terkait sisa DD yang tidak terealisasi di tahun 2020 sebesar Rp.... yang katanya di bangun kan jalan desa pada tahun 2021 itu di mana..??

Sesuai tidak dengan prosedur penggunaan DD..?? Untuk Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

Di tambah lagi ada 16 bedah rumah Rp.17.000.000 X 16 rumah : ..??

Camat Rantau Bayur Saipul Harom mengatakan, langsung dikonfirmasi dengan Kepala Desa Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan yang bersangkutan minta klarifikasi.


Diketahui Pagu Anggaran DD Untuk Desa Tebing Abang Sebesar Rp.1.340.951.000, KPM BLT : 261 Pagu Anggaran Tahapan 1. 40% Rp.536.380.400,


Hal tersebut tentu tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.


Untuk pihak aparat penegak hukum (APH) di mohon jangan ada pembiaran di dalam hal ini dugaan penyelewengan dana desa DD yang bersumber dari APBN mohon untuk di proses secara hukum di sini banyak yang terlibat sepertinya sumber dari permasalahan ini dari Pemkab Banyuasin sampai ke tingkat 304 desa semua desa permasalahannya sama seperti ini POLRES BANYUASIN, POLDA SUM-SEL, (Kn).

Posting Komentar

0 Komentar